. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Materi Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Bagian V

V. PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
  • Asia (tulisan Pictograph)
  • Yunani (disempurnakan dengan Penyelidikan; thales, phytogoras Leucippus, Aristoteles, Archimedes)
  • Timur tengah (Kwarizmi memperkenalkan asas algorima, Niraizi mengkritik Ptolomeus tentang geosentris.Ibnu Sina Avesena.
  • Eropa (Copernicus, Keppler, Isaac Newton)

IPA KLASIK & MODERN- EKONOMI KLASIK & MODERN
  • IPA KLASIK (perkembangan ilmu fisika sebelum abad XX)
  • IPA MODERN ( munculnya teori relativitas thn 1901, dll)
  • EKONOMI KLASIK: Mulai sejak jaman Yunani Kuno yang menempatkan ekonomi sebagai bagian dari filsafat, pemikiran ekonomi terus berkembang meski lambat hingga jaman Merkantilisme atau jaman Perdagangan dan Para Pedagang. Berikutnya ditawarkan pemikiran para Physiokrasi yang membela pertanian. Lalu lahir karya penting Adam Smith “Kekayaan Bangsa-bangsa (The Wealth of Nations)” – yang sering dengan tidak bertanggung jawab dipisahkan dari karya Smith lainnya “The Moral Sentiments” – yang kemudian menjadi awal dari pemikiran ekonomi klasik. Smith mendapat banyak dukungan tetapi juga menuai tentangan. Tentangan terbesar mungkin datang dari pemikiran sosialisme dan Marxisme. Pemikiran lain yang juga berbeda dengan aliran ekonomi klasik adalah pemikiran aliran Keynes yang lahir sebagai respon atas anggapan kegagalan ekonomi klasik mengatasi permasalahan ekonomi akut seperti pengangguran. Lalu berkembang pula pekiran-pemikiran neo-klasik, institusional, monetaris, dan seterusnya hingga saat ini. Pencatatan sejarah ekonomi itupun dianggap belum lengkap karena belum memasukkan perkembangan pemikiran ekonomi Islam dan pemikiran ekonomi Asia Timur yang memiliki cara berpikir tersendiri.

Perkembangan Ekonomi Kerakyatan di Indonesia

    Pemerintah kolonial yg menyaksikan persaingan tidak seimbang antara ekonomi rakyat dan usaha-usaha Cina dan perusahaan-perusahaan besar konglemerat turun tangan di bidang keuangan dan kredit melalui pendirian Bank-bank Rakyat (Voeks Bankeur), bank Desa dan Lumbung Desa yg berperanan sangat besar.Bank-bank perkreditan kecil ini, bersama dengan Pegadaian, meskipun mengenakan bunga relatif tinggi telah menjadi alat pemerintah 'melindungi' ekonomi rakyat. Sistem kredit pada zaman penjajahan ini mempunyai daya tahan tinggi, bahkan pada masa depresi sekalipun tidak memerlukan subsidi pemerintah. Demikian jika dalam krisis moneter tahun 1997-1999 Bank-bank modern bertumbangan, kredit-kredit rakyat (kredit mikro) sepeerti BRI dan BPR, dan Pegadaian bertahan dan berkembang membiayai usaha-usaha ekonomi rakyat.Artinya, daya tahan ekonomi rakyat yg tinggi terhadap krismon di zaman modern akhir abad 20 sudah dibuktikan pula pada depresi tahun 1930an.


PERAN MATEMATIKA dalam ILMU PENGETAHUAN
  • Matematika selalu mengalami perkembangan yang berbanding lurus dengan kemajuan sains dan teknologi.
  • MITOS 1 :Kebanyakan orang berpandangan bahwa untuk dapat mempelajari matematika diperlukan memiliki kecerdasan yang tinggi, akibatnya yang merasa kecerdasannya rendah mereka tidak termotivasi untuk belajar matematika.
  • MITOS 2 : bahwa matematika adalah ilmu berhitung. Kemampuan berhitung dengan bilangan-bilangan memang tidak dapat dihindari ketika belajar matematika. Namun, berhitung hanya merupakan sebagian kecil dari keseluruhan isi matematika.
  • Mitos 3, bahwa matematika hanya menggunakan otak. Aktivitas matematika memang memerlukan logika dan kecerdasan otak. Namun, logika dan kecerdasan saja tidak mencukupi. Untuk dapat berkembang, matematika sangat membutuhkan kreativitas dan intuisi manusia seperti halnya seni dan sastra. Kreativitas dalam matematika menyangkut akal-budi, imajinasi, estetika, dan intuisi mengenai hal-hal yang benar.
  • Mitos 4, bahwa yang paling penting dalam matematika adalah jawaban yang benar. Jawaban yang benar memang penting dan harus diusahakan. Namun, yang lebih penting sebenarnya adalah bagaimana memperoleh jawaban yang benar.
  • Mitos kelima, bahwa kebenaran matematika adalah kebenaran mutlak. Kebenaran dalam matematika sebenarnya bersifat nisbi yaitu penalaran yang sesuai dengan aturan logika yang digunakan manusia pada umumnya.

RUANG LINGKUP ILMU PENGETAHUAN ALAM
  • ALAM SEMESTA
  • SISTEM TATA SURYA
  • BUMI

ALAM SEMESTA
  • Sejalan dengan perkembangan akal pikiran Manusia dan Kemajuan Teknologi maka pandangan terhadap Alam Semesta semakin luas.
  • Usaha-Usaha Manusia :
    • Memberi nama benda-benda Angkasa, Bahkan menghormatinya sebagai Dewa-dewa yang berpengaruh terhadap kehidupan Makhluk di Bumi.
    • Manusia membaca garak-gerik langit kemudian menentukan lamanya hari, bulan, dan tahun. sehingga digunakan petani, pengembara dan nelayan untuk menentukan musim tanam, arah perjalanan

PEMBUKTIAN
  • BUMI HANYA SEBUAH PLANET KECIL DIANTARA PLANET YANG LAIN. BUMI HANYA MEMPUNYAI 1 BULAN SEDANGKAN YUPITER MEMPUNYAI 4 BULAN (GALILEO 1546-1642).
  • ORBIT PLANET YANG MENGELILINGI MATAHARI BERUPA ELIPS DAN MATAHARI MERUPAKAN PUSAT DIDALAM ORBIT, SEMAKIN JAUH PLANET DAN MATAHARI MAKA LAJU PLANET SEMAKIN LAMBAT (KEPPLER 1571-1630).
  • ADA 2 GAYA YANG BEKERJA PADA PLANET KETIKA MENGELILINGI MATAHARI, GAYA TERSEBUT ADALAH INERSIA DAN GRAVITASI (ISAAC NEWTON 1642-1772).
  • MENGUBAH PANDANGAN DUNIA TENTANG PUSAT ORBIT MATAHARI YANG BERNAMA GALAKSI

BINTANG
  • Matahari Adalah Bintang Sumber Kehidupan Dan Merupakan Pusat Dalam Tata Surya.

    Matahari :
    Luas Penampang : 1.400.000 Km, 9 Buah Planet, Beribu Asteroid, Bermiliar Komet, 34 Satelit.

  • Matahari Berputar Pada Porosnya, Yang Diedari Oleh Planet, Dan Satelit, Komet Serta Asteroid, Ternyata Matahari Melakukan Peredaran Didalam Suatu Sistem Disebut Galaksi Bima Sakti.
  • Matahari Bersama Sistemnya Mengedari Galaksi Bima Sakti Didalam Garis Edarnya Dengan Posisi Awal Yang Tidak Sama Persis Pada Saat Mengedar Dan Diperlukan Periode Yang Lama Mencapai Posisi Tersebut.
  • Dilihat Dari Bumi, Bintang-bintang Dilangit Tampak Berkelompok Yang Terdiri Atas Belasan, Puluhan Atau Ratusan Bintang. Kelompok Bintang Tersebut Dinamakan Rasi Bintang. Pengelompokkan Bintang Didasarkan Atas Letak Kelompok.

GALAKSI
  • TINGKATAN JARAK DALAM SISTEM
    1. Sistem Perputaran Bumi Pada Porosnya.
    2. Sistem Tata Surya.
    3. Sistem Peredaran Bintang Dalam Galaksi Bima Sakti.
    4. Sistem Peredaran Galaksi Dalam Kosmos.

  • MACAM GALAKSI :
    1. Galaksi Tak Beraturan Terdiri Ats Bermiliar-miliar Bintang Muda Berwarna Putih Kebiruan, Dan Diantara Bintang Tersebut Bertebaran Debu Dan Gas.
    2. Galksi Spiral Berbentuk Spiral Yang Amat Besar. Bintang-bintang Yang Sedang Terbentuk Berada Pada Lengan Spiral.
    3. Galaksi Elips Merupakan Galaksi Yang Sudah Tua Tersusun Atas Bintang Yang Telah Tua Dan Membentuk Bintang Baru.

TEORI TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA
  • Teori Pemuaian (1940) Oleh Hubble. Teori Dentuman Besar Yang Mengemukakan Bahwa Alam Semesta Merupakan Bola Besar Yang Meledak Kemudian Terbentuklah Galaksi.
  • Teori Keadaan Tetap Oleh Hoyle, Bondi, Gold Yang Menyatakan Bahwa Alam Semesta Terus Menerus Dalam Keadaan Tetap Dan Tidak Berawal Dan Bearakhir.

KESIMPULAN PARA AHLI

ALAM SEMESTA TERBENTANG TIDAK TERHINGGA KE SEGALA ARAH DAN TIDAK BERTEPI

Post a Comment
Thanks for your comment

Google+ Followers

Powered by  MyPagerank.Net
Locations of visitors to this page

Subscribe Box