. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Selamat BERTUGAS Sodara-sodara...


15 Juni 2014

GPS.. sudah...
Meteran.. sudah...
Form Isian.. sudah...
Ballpoint.. sudah...
air minum.. sudah juga..

Setelah peralatan lengkap, kami semua siap-siap berangkat untuk Penelusuran Jaringan Irigasi, tujuan kali ini ke Desa Labuhan Kuris Kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa tempat Daerah Irigasi Embung Serading berada.

Daerah Irigasi ini melayani lahan irigasi pertanian lebih kurang 200 Ha, yang operasionalnya dilaksanakan oleh GP3A Balong Niat yang membawahi 3 P3A yaitu P3A Sopo Ate, P3A Saling Sakiki, dan P3A Sekanok dengan masing-masing luas wilayah kerja 53 Ha, 128 Ha, dan 19 Ha.

Setelah mencatat hasil pengamatan kondisi Embung Serading, kami menyalakan GPS dan mulai berjalan menyusuri saluran irigasi sambil sesekali berhenti untuk mencatat dan mengukur kondisi dan kerusakan bangunan-bangunan yang ada di sepanjang saluran irigasi.


Menjelang siang.. tanpa bisa ditahan, keringat udah mulai ga terkontrol lagi, ada yang masuk mata, ada yang masuk mulut ada juga yang masuk idung, eh itu keringat apa ingus :D

yah begitulah, perjalanan ini agak sedikit berat karena harus menembus semak belukar,

  

bahkan ada juga yang ga bisa ditembus, yang akhirnya kami menyerah, dan mencari jalan lain untuk bisa kembali ke jalan yang benar, kembali ke saluran irigasi maksudnya :D


Menjelang sore.. udah gak ada lagi energi yang tersisa, dan kami memutuskan untuk sampai disini dulu, tapi ini belum selese sodara-sodara, ini baru jalur sebelah kiri, setelah kiri selesai sampai dengan bangunan akhir, kami akan kembali lagi ke bangunan bagi untuk memulai pengukuran jalur sebelah kanan, sampai dengan bangunan akhir jalur sebelah kanan.

capek sih memang.. tapi pengalaman kayak ini ga bisa didapat dengan hanya duduk di depan laptop dan di belakang meja kawan, tambah lagi sebelum pulang kami disuguhi "nyer uda" (kelapa muda) oleh petani setempat, jadi sampai jumpa di cerita penelusuran jaringan irigasi lainnya :)










Post a Comment
Thanks for your comment

Google+ Followers